Senin, 05 Juli 2010

PRODI TEKNIK INFORMATIKA (IF) / ILMU KOMPUTER(ILKOM) diklaim jurusan terbaik dan favorit

sekarang ini dengan berkembangnya ICT banyak sekali para siswa SMA beralih ke jurusan ini, pada diap PTN bahkan PTS terkemuka jurusan ini sangatlah berjibun....okok...gpl kita langsung ke topik :

1. PENGERTIAN

2. DISIPLIN ILMU

3. PROSPEK KERJA

4. PERGURUAN TINGGI TERBAIK JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

Informatika merupakan salah satu cabang keilmuan yang cukup luas karena hampir mencakup dan terkait dengan berbagai hal tentang kehidupan ini, dimana kumpulan disiplin informatika ini meliputi sains maupun teknik yang secara spesifik mengolah data menjadi informasi dengan memanfaatkan seoptimal mungkin teknologi informasi atau komputer. Dalam bahasa Indonesia, istilah Informatika diturunkan dari bahasa Perancis informatique, yang dalam bahasa Jerman disebut Informatik. Sebenarnya, kata ini identik dengan istilah computer science di Amerika Serikat dan computing science di Inggris.

Dalam pendefenisian istilah informatika, menurut Philippe Dreyfus (1962) dan l`Academie Francaise (1967) yang mendefenisikan informatika tersebut sebagai berikut:

Kumpulan Disiplin Ilmu (scientific discipline) dan Disiplin Teknik (engineering discipline) yang secara spesifik menyangkut transformasi / pengolahan dari "Fakta Simbolik" (data / informasi), yang terutama menggunakan fasilitas mesin-mesin otomatis/komputer. Dalam bahasa Inggris memiliki makna yang sedikit berbeda, yaitu lebih menekankan pada aspek pengolahan informasi secara sistematis dan rasional.

Jika dilihat secara menyeluruh dari pengertian informatika di atas, pendekatan logika dan sistematika merupakan ciri yang cukup dominan dari Informatika ini, mengingat pendekatan tersebut merupakan kunci dalam hal mendapatkan solusi dalam menyelesaikan berbagai masalah.

Pada prinsipnya keilmuan ini lebih menekankan bagaimana suatu data dan informasi dapat diolah sedemikian dengan berbantuan teknologi yang terotomatisasi. Teknologi yang terautomatisasi tersebut tidak hanya dalam satu mesin, namun bisa melibatkan beberapa mesin. Mesin ini lebih umum disebut dengan komputer.

Komputer sebagai bahan utama dalam bidang keilmuan ini memiliki peranan yang sangat tinggi, sehingga informatika secara sederhana mengupas mulai dari bagaimana mesin tersebut bisa bekerja, bagaimana suatu data diolah dengan cara yang dimengerti oleh mesin sedangkan informasinya dimengerti juga oleh manusia, sampai bagaimana mesin tersebut mampu berkomunikasi dengan mesin lainnya.




di ITS dalam hal di siplin ilmu dii bagi menjadi berikut:

tapi kalian juga bisa melihat disiplin yang berbeda2 di setiap perguruan tinggi

Sistem Informasi
Memberikan pengetahuan dan pengertian dasar tentang konsep dan kerangka sistem informasi, metodologi dan teknik perancangan, pengembangan, pengetesan dan pemeliharaan sistem perangkat lunak.
Rekayasa Perangkat Lunak
Memberikan pengetahuan dan ketrampilan tentang rekayasa perangkat lunak dan aplikasinya dalam bidang yang lebih luas., yang ditunjang oleh mata kuliah: Analisa dan Desain Obyek, Penyempurnaan Proses Rekayasa, Inspeksi Perangkat Lunak, Rekayasa Perangkat Lunak, Pemrograman Basis Data Client Server.
Komputing
Memberikan pengetahuan dan kemampuan menganalisis permasalahan dalam ruang lingkup Komputasi, Komputasi Paralel, Sistem Terdistribusi, Teknologi Antar Jaringan.


Peluang kerja di bidang Teknologi Informasi lainnya, yang saat ini masih banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan baik di dalam maupun di luar negeri adalah : System Analis, IT Help Desk, AutoCAD Drafter, Sales, Project Manager, Computer Operator, Programmer, Teknisi Komputer, EDP Staff, WebMaster, Web Chief Editor, Web Administrator, Web Designer, Software Engineer, Database Engineer,Manager Web Content, Unix Admnistration Manager, Director Software, Java Developer, Network Specialist, Network Manager, System Architect. (sumber : www.i2bc.org/news/itnews3.html & www.jobsdb.com )




Jurusan INFORMATIKA atau ILMU KOMPUTER terbaik,terfavorit,terunggul

#01. ITB – Bandung (Indeks : 12,4)
02. IT Telkom – Bandung (12,2)
03Univ. Bina Nusantara – Jakata(11,4)
04Univ. Gunadarma – Jakarta (10,0)
05UI – Jakarta (9,5)
06.ITS – Surabaya (7,03)
07.UGM – Yogyakarta (7,00)
08.Univ. Tarumanegara – Jakarta (4,0)
09.Univ. Trisakti – Jakarta (3,9)
10. Univ. Pelita Harapan – Jakarta (3,1


sumber :

http://www.total.or.id/info.php?kk=informatika

http://www.if.its.ac.id

http://adipamuji.wordpress.com/2009/02/07/universitas-terbaikterfavoritterunggul/



ADA YANG MAU PROTES ATAU SETUJU?? SILAHKAN KASIH COMENTAR

2 komentar: